Follow us on:

Pages

ASP.NET Kenalan Dengan AJAX

ada dasarnya semua bahasa pemrograman itu baik dan juga mudah bagi yang mudah mengingat dan suka bermain analogika, misal anda suka maen game,maen catur , anda yang suka berhitung,atau anda suka maen tebak-tebakan, itu adalah di antaranya basic skill atau kemampuan dasar bahasa pemrograman, layaknya seperti anda berbicara bahasa inggris,bahasa Indonesia, atau bahasa Jawa semua ada tata cara mengucapkan tata cara menulis dan sebagainya,masing masing mempunya kelebihan dan kekuranganya, tergantung cara pandang seseorang memakainya bagaimana. Di zaman yang sudah komputerisasi ini tentunya kebutuhan akan seseorang yang ahli di bidang pemrograman sangat di butuhkan, karena tidak ada sistem yang baku, bahkan SAP yang harganya bisa miliyaran pun tidak bisa baku, karena setiap orang,setiap perusahaan mempunyai bentuk bisnis yang sangat unik atau berbeda-beda,meskipun esensinya sama, yaitu sebuah program/applikasi adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. kembali ke bahasa pemrograman tadi, saat ini sudah banyak sekali tools  yang ada di dunia untuk mendevelope sebuah applikasi,baik itu yang berbayar atau gratisan, kebetulan yang sering saya pakai adalah visual studio, dan beberapa tahun belakangan ini applikasi yg berbasis web ini sangat banyak di gunakan, dan bahkan mengalahkan applikasi yang berbasis desktop. seiring perkembangan zaman juga, maka applikasi web ini mau tidak mau harus mengikuti atau menyerupai applikasi yang berbasis desktop dalam hal interaksi dengan user dan penggunaanya. Salah satu yang di pakai adalah javascript, jadi dalam applikasi bisa ada 3 bahasa misal yang anda pakai adalah ASPNET, maka dalam applikasi web itu bisa ada bahasa VBNET atau C#, VB Script dan java script, java script ini sangat banyak di pakai. dengan berkembangnya seiring jaman ini, java script di anggap paling flexible bagi para developer,dan beruntunglah yang memakai ASPNET ini karena dalam paketnya sudah di kembangkan komponen java script yang sangat mudah di gunakan tinggal drag and drop di webpage anda, dan tidak seperti dahulu lagi, anda harus menguasai bahasa javascript juga untuk menggunakannya, paket komponen tersebut di sebut dengan sebutan AJAX. jadi anda tidak perlu perlu report report lagi untuk menggunakan java script untuk membuat atau membangun sebuah web web yang interaktif. misal dalam anda mengiginkan bagian page tertentu update dalam waktu tertentu tanpame load keseluruan page, tentunya hal itu sangat berguna bukan, dari sisi bandwith tentu sangat berguna bukan? anda meload sedikit bagian page anda tanpa meload keseluruhan isi page.
pada visual studio 2010 sudah di sertakan paket ajax toolkit tersebut ,misal modal extender,timer,update panel dan laen sebagainya.untuk komplitnya anda bisa download  disini setelah anda mendownloadnya anda tinggal menambahkan di toolbook anda,maka ajax toolkit anda ini siap di gunakan.
image
contoh penggunaan:

  1. buatlah 1 project web
  2. kemudian buatlah halaman simple yang isinya script manager,update panel dan beberapa label, singkatnya seperti berikut,oh iya script manager wajib di gunakan dalam sebuah page yang menggunakan ajax komponen 
       1: <asp:ScriptManager ID="SM1" runat="server">
       2: </asp:ScriptManager>
       3:  
       4:     <asp:Label ID="Label1" runat="server" Text="LOAD FISRT:"></asp:Label>
       5:     <asp:Label ID="Label2" runat="server" Text="Label"></asp:Label>
       6:     <asp:UpdatePanel ID="up1" runat="server" UpdateMode="Conditional">
       7:         <ContentTemplate>
       8:             <asp:Label ID="Label3" runat="server" Text="barusan update :"></asp:Label> 
       9:             <asp:Label ID="Label4" runat="server" Text="Label"></asp:Label>
      10:             <asp:Button ID="Button1" runat="server" Text="Button" />
      11:         </ContentTemplate>
      12:     </asp:UpdatePanel>
  3. kemudian di codingnya seperti ini :
       1: Protected Sub Page_Load(ByVal sender As Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Me.Load
       2:        Label2.Text = Date.Now
       3:  
       4:    End Sub
       5:  
       6:    Protected Sub Button1_Click(ByVal sender As Object, ByVal e As EventArgs) Handles Button1.Click
       7:        Label4.Text = Date.Now
       8:        Me.up1.Update()
       9:  
      10:    End Sub
  4. trus setelah itu di running page tersebut
pada saat load pertama perhatikan gambar berikut: image
load first menunjukan pukul 10:36:36 PM
dan setelah saya tekan tombol update time maka hasilnya akan seperti berikut :
image
yang semula tulisan label 2 berubah menjadi 10:38:14 PM dan yang load first masih seperti semula.
artinya ketika saya menekan tombol update time, keseluruhan page tidak ter load semua, tidak seperti jika kita tanpa menggunakan ajax, pasti keseluruan page akan terload.

sumber:http://ceppek.com