Follow us on:

Pages

Yang Penting Dalam Hidup

Seorang profesor filsafat berdiri di depan kelas dengan beberapa item di atas meja di depannya. Saat kelas dimulai, tanpa kata ia mengambil sebuah toples mayones sangat besar dan kosong dan mulai mengisinya dengan batu, sekitar 2 inci diameter.
Dia kemudian bertanya kepada siswa apakah toples itu sudah penuh. Mereka sepakat bahwa itu.
Jadi profesor kemudian mengambil sebuah kotak dari kerikil dan menuangkan isinya ke dalam botol itu. Dia menggelengkan tabung ringan. Kerikil, tentu saja, digulung menjadi daerah terbuka antara bebatuan.
Dia kemudian meminta siswa lagi apakah toples itu sudah penuh. Mereka setuju itu.
Sang profesor mengambil sekotak pasir dan menuangkannya ke dalam botol itu. Tentu saja, pasir mengisi segala sesuatu yang lain.
Dia kemudian bertanya sekali lagi apakah toples itu sudah penuh. Para siswa menjawab dengan suara bulat "Ya."
"Sekarang," kata profesor, "Saya ingin Anda untuk mengenali bahwa toples ini mewakili kehidupanmu. Batuan adalah hal-hal penting - keluarga Anda, pasangan Anda, kesehatan Anda, anak Anda - hal-hal yang jika segala sesuatu yang lain telah hilang dan hanya mereka tetap, hidup Anda akan tetap penuh.
Kerikil adalah hal-hal lain yang peduli - seperti pekerjaan Anda, rumah Anda, mobil Anda.
Pasir adalah segala sesuatu yang lain. Hal-hal kecil. "
"Jika Anda meletakkan pasir ke dalam botol yang pertama," lanjutnya "tidak ada ruang untuk kerikil atau batu. Yang sama berlaku untuk hidup Anda.
Jika Anda menghabiskan semua waktu dan energi Anda pada hal-hal kecil, Anda tidak akan pernah memiliki ruang untuk hal-hal yang penting bagi Anda. Perhatikan hal-hal yang penting bagi kebahagiaan Anda. Bermain dengan anak-anak Anda. Ambil pasangan Anda berdansa. Akan selalu ada waktu untuk pergi bekerja, membersihkan rumah, memberikan jamuan makan malam dan memperbaiki pembuangan.
Jaga batu pertama - hal yang terlalu penting. Tetapkan prioritas Anda. Sisanya hanyalah pasir. "